Selasa, 19 November 2013

lihat selebaran Jerman

Mimpi akan terus jadi mimpi kalau gak ada action untuk merubah mimpi menjadi visi. Termasuk ane , suka sekali dengan negara jerman. Tertarik dengan culturnya, pendidikannya ah, winternya , pokoke semua deh.   Pengen banget kesana. , yang pasti banyak persiapan jika kita kepengen melanjutkan study ke sana termasuk bahasa, informasi univ yang dituju dan banyak hal lainnya.. J let’s we know why we choice germany....
Dengan lebih dari 300 institusi pendidikan tinggi yang tersebar diseluruh negeri , jerman memiliki kepadatan universitas yang tidak ada tandingannya diseluruh dunia
Biaya hidup bagi mahasiswa di jerman dapat ditekan lebih rendah dengan cara menggunakan bantuan bagi mahasiswa dan potongan bunga.
Beberapa institusi pendidikan tinggi jerman menawarkan jurusan dengan gelar internasional. Bagaimanapun besarnya uang kuliah di jerman tetap lebih rendah dibanding dengan negara barat lainnya.
Tersedia program ZAV yaitu kerja sama pemerintah jerman dengan pemerintah indonesia bagi alumni jerman untuk menyediakan lapangan kerja dan pemberian subsidi kerja setelah kembali study di jerman
Apabila kita lulusan jerman dan punya kualitas baik maka kita punya kesempatan besar berkarir di jerman, menjadi pemain dunia dalam pertarungan global.
Jerman menyediakan sangat banyak beasiswa untuk program study S2 dan S3 kuliah di jerman. Prestise sebagai alumni jerman. Lingkungan yang berbeda dengan modernitas dan teknologi yang tinggi .
Pilihan aktivitas waktu luang yang luas yang ditawarkan baik di universitas maupun diluar universitas.
Dengan visa schengen kita dapat menikmati sensasi indahnya 25 negara eropa lainnya.
Hal-hal yang perlu di ketahui dan dipersiapkan ketika ingin mendaftar ke sebuh Univ atau FH di Jerman adalah :
1. Deadline applikasi : Deadline applikasi pendaftaran untuk masuk Uni dan FH berbeda satu sama lain. Uni biasanya memulai perkuliahan bulan April (summer semester) dan bulan Oktober (winter semester) . Sebagai contoh saya berikan link untuk Uni http://www.uni-due.de/international/en_deadlines.shtml dan link deadline pendaftaran untuk FH http://www.fh-duesseldorf.de:8080/english/d_prospectivestudents/info_1degreeseekings/a/c3.
2. Memilih jurusan : tak jarang hal ini juga menjadi pertimbangan atau keragu-raguan karena kita tidak tahu apakan jurusan yang di tuju tepat dengan pilihan kita. Hal pertama yang dilakukan adalah mencari informasi atau mendowload flyer yang ada pada web Uni atau FH tersebut, supaya kita tahu benar mata kuliah apa saja yang akan di ajarkan atau dalam bahasa apa saja mata kuliah tersebut di tawarkan. Seperti pada jurusan di Mech Engineering Uni Duisburg Essen. Study plan  dapat dilihat sebagai berikut https://ti.uni-due.de/vdb/info.php?id=46&mode=studiengang. Untuk memilih Uni atau FH yang tepat mungkin link berikut bisa menjadi acuan http://www.young-germany.de/yg/degree-programs.html.
3. Syarat-syarat untuk mendaftar : setelah kita mendapatkan Uni atau FH yang cocok berikut jurusannya, maka langkah berikutnya adalah mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus di persiapkan untuk melengkapi applikasi yang akan dikirimkan. Sebagai contoh bisa melihat di link berikut http://www.uni-due.de/ise/admission.shtml.
Yang paling penting adalah, download dan mengisi form applikasi , kemudian membuat format  CV standar eropa http://europass.cedefop.europa.eu/europass/home/hornav/Downloads/EuropassCV/CVTemplate.csp (dapat di download disini). Surat kemampuan berbahasa Inggris dan Jerman (jika diminta), jika bachelor tidak dilakukan dalam bahasa Inggris, maka kita perlu melampirkan sertifikat seperti IELTS atau TOEFL Internasional, berapa tinggi skor minimal dapat dilihat di web Uni atau FH masing-masing. Tak jarang juga beberapa Uni atau FH di Jerman meminta GMAT atau GRE juga (http://www.ets.org/). Surat rekomendasi dari 2 orang. Orang yang layak memberi surat rekomendasi kepada kita tentu saj orang yang kita  kenal dan mengetahui kemampuan kita secara akademik dan sosial. Jika baru lulus sarjana dan belum bekerja, maka orang yang paling layak tentu saja pembimbing skripsi kita dan dosen yang dekat dengan kita. Jika sedang bekerja maka boleh di katakan atasan kita yang berhak dan satu lagi dosen pembimbing kita ketika skripsi dahulu.
TestDAF di perlukan jika jurusan yang diambil dalam bahasa Jerman, maka sertifikat TestDAF sebagai syarat utama untuk mendaftar di Univ atau FH tersebut. Beberapa file perlu yang perlu di terjemahkan kedalam bahasa Inggris dan Jerman adalah Ijazah Sarjana, Ijazah SMA. Syarat itupun bisa berbeda-beda tiap Uni atau FH, tergantung dari sayarat apa saja yang di minta.
4. Setelah semua file lengkap maka langkah berikutnya adalah mengirimkan file bisa melalui POS atau sarana pengiriman lain. sekarang beberapa Univ Jerman bisa melakukan pendaftaran melalui Online. Walaupun beberapa Univ atau FH masih meminta file lagi dalam bentuk kertas untuk dikirimkan. Hal tersebut tidak menjadi pengaruh apakah mendaftar secara Online atau secara manual dengan mengirim file-file tersebut.

2 komentar: